Sabtu, 05 Desember 2009

Mobile Banking

MOBILE BANKING (M-Banking) berarti Fasilitas perbankan melalui komunikasi bergerak seperti handphone. Dengan penyediaan fasilitas yang hampir sama dengan ATM kecuali mengambil uang cash.
M-Banking memiliki pengertian yaitu sebuah fasilitas perbankan melalui komunikasi bergerak seperti handphone. Dengan penyediaan fasilitas yang hampir sama dengan ATM kecuali mengambil uang cash.Dengan ada nya M-Banking,pihak perbankan berusaha mempermudah akses para nasabahnya dalam melakukan transaksi.Dengan adanya layanan M-Banking,nasabah bank-bank yang telah memiliki layanan ana tentu saja tidak perlu pergi ke ATM atau kantor Bank tersebut.
Hampir semua bank di Indonesia telah menyediakan fasilitas M-Bankingnya baik berupa SIMtolkit (Menu Layanan Data) maupun sms plain (sms manual) atau dikenal dengan istilah sms banking.
Arti istilah SMS Banking merupakan layanan yang disediakan Bank menggunakan sarana SMS untuk melakukan transaksi keuangan dan permintaan informasi keuangan , misalnya cek saldo, mutasi rekening dan sebagainya.
Keunggulan M-Banking adalah dapat di akses oleh semua pengguna handphone dengan tipe GSM.Dengan luasnya jangkauan signal GSM,layanan M-Banking tentu sangat memanjakan para nasabah.
Namun Fasilitas M-Banking memiliki beberapa kelemahan diantaranya adalah akses untuk pengguna handphone CDMA, belum semua operator CDMA mempunyai layanan M-Banking.

3 komentar:

Reno Rasiwara mengatakan...

kita juga punya nih artikel mengenai 'I-Banking', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1483/1/Artikel_91205113.pdf
trimakasih
semoga bermanfaat

Anonim mengatakan...

simple juga blognya...mkasih sdah buat info tetntang mobile electronic :) salam kenal

Unknown mengatakan...

klo bleh tahu nama bukunya apa ya
bleh saya minta refrensinya